PODO SEHAT
Senin, 19 Mei 2014

Manfaat Buah Alpukat dan Bijinya Untuk Kesehatan

Alpukat
Buah alpukat merupakan salah satu dari segelintir buah yang masuk dalam kategori buah terpopuler di Indonesia. Selain rasanya yang sangat nikmat, buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sudah pasti bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah alpukat yang sudah masak dapat dikemas menjadi jus, atau bisa juga dimakan secara langsung. Buah jenis ini mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat.

Alpukat kaya akan protein, Riboflavin (vitamin B2) , niasin (vitamin B3), potasium, dan vitamin C. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan makanan untuk otak. Namun, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, bahkan sampai biji dan daun alpukat-pun juga sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala hingga diabetes.

Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat beserta bijinya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional:
Mengobati Sariawan
Ambil satu atau dua buah alpukat yang sudah matang, lalu keruk. dagingnya kemudian tambahkan 2 sendok makan madu murni, aduk hingga merata lalu dimakan. Lakukan berulang-ulang secara rutin setiap hari hingga penyakit Anda sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan.
Mengembalikan kulit wajah yang kering/ keriput.
Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan. sampai seperti bubur, lalu jadikan adonan tersebut sebagai masker, dengan cara mengoleskannya keseluruh bagian muka. Biarkan kurang lebih hingga 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air panas :D dingin.
Sakit gigi berlubang
Ambil satu biji alpukat, kemudian tumbuklah sampai halus. Selipkan bubuk biji alpukat tersebut ke dalam gigi yang berlubang
Bengkak karena Peradangan
Biji buah alpukat yang sudah dikeringkan, kemudian ditumbuk sampai halus. Ambil bubuk dari biji alpukat tadi secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Ratakan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.
Kencing manis
Biji Alpukat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan mesin sinso pisau atau parang, kemudian rebuslah potongan biji tadi dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring lalu minum airnya setelah hangat atau dingin.
Rambut Berkilau
Alpukat yang sudah matang dicampur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan kurang lebih sampai 20-30 menit, setelah itu bilas dengan shampo.

Itulah tadi beberapa manfaat dari buah alpukat beserta biji-bijinya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

2 komentar

Ternyata banyak juga kandungan yang bermanfaat dari buah alpukat ini ya,, yang paling saya suka dengan jusnya, enak banget, apalagi Gratis wkwkwkwk :D

wah sama dong .. apalagi panas-panas gini minum jus alpukdat uenak banget :D

Komentar yang tidak Relevan/ tidak berkaitan dan atau menyertakan link aktif akan dimasukkan ke Folder SPAM